Selasa, 30 Juli 2013

Dr. Karen Becker : 10 Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik kucing

foto kucing manis
Memelihara kucing adalah sebuah seni, dimana kita tidak cukup hanya dengan memberinya makan dan minum saja. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memelihara seekor kucing. Dan berikut ini adalah 10 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik kucing, menurut Dr. Karen Becker, seorang Dokter Hewan Amerika Serikat, dalam salah satu tulisannya di situs pribadinya  healthypets.mercola.com
Kesepuluh kesalahan umum tersebut adalah :
  • Menggunakan produk anjing untuk kucing kesayangan mereka. Ini adalah sebuah kesalahan fatal. Produk untuk anjing banyak yang sebenarnya tidak cocok atau bahkan tidak boleh digunakan oleh kucing.
  • Memberikan obat-obatan manusia kepada kucing kesayangan. Ini juga merupakan salah satu kesalahan fatal. Lebih baik jika anda berkonsultasi terlebh dahulu dengan dokter hewan anda.
  • Membiarkan kucingnya gemuk. Membiarkan si kucing banyak makan dan kurang berolahraga dapat membuat si kucing mudah terserang berbagai penyakit.
  • Kurang menjaga kebersihan kotak pasir. Kucing itu adalah binatang yang suka kebersihan. Membiarkan kotak pasirnya kotor, tidak pernah diganti adalah salah satu kesalahan.
  • Kurang perhatian. Kucing memang memiliki kemampuan alami untuk bertahan hidup. Namun ketika anda memutuskan untuk memeliharanya, si kucing terkadang juga butuh bantuan anda, seperti menyikat bulu, memotong kuku, dan memandikannya.
  • Jarang membawa si kucing ke dokter hewan. Meskipun si kucing tampak selalu sehat, alangkah baiknya secara rutin dibawa ke dokter hewan untuk medical checkup.
  • Memberi makan dry food. Kebanyakan dry food tidak mengandung cukup nutrisi untuk si kucing, terutama dry food merk ecek-ecek. So, anda perlu memberikan variasi menu makanan.
  • Salah menafsirkan perubahan perilaku kucing. Terkadang perilaku kucing yang tiba-tiba tidak mau beol di kotak pasir, kita anggap sebagai sebuah 'kenakalan'. Sebenarnya hal itu lebih condong pada kondisi kotak pasir yang kotor. Kucing itu binatang yang bersih, cuy! Selain itu juga masih banyak perilaku lain yang salah kita tafsirkan.
  • Sering kita pikir adalah normal jika si kucing muntah. Kucing yang muntah itu tandanya ada suatu masalah dalam dirinya, termasuk jika si kucing memuntahkan bola bulu.
  • Tidak menyikat gigi si kucing. Penyakit pada gigi merupakan salah satu yang paling sering menyebabkan si kucing harus dirujuk ke dokter hewan loh.
Hmm, sepertinya saya sendiri juga termasuk dari salah satu orang yang melakukan kesalahan ini,,, ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar